Ribuan Ekor Sapi Sudah Divaksin PMK di Kota Padang

PASAMAN BARAT, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pertanian setempat sudah melakukan Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Kita sudah mendapatkan vaksin dari pemerintah pusat. Vaksin tersebut diperuntukkan bagi 1.800 ekor sapi,” ucap Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat, Selasa (23/8/2022).

Saat ini, Dinas Pertanian membidik sekitar 600 ekor sapi lainnya yang akan divaksinasi. Dinas terkait kini memilih fokus di daerah Air Dingin, Koto Tangah.

“Kita fokuskan di seputaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Air Dingin. Sebab di lokasi ini populasi sapi terbilang banyak dan rawan PMK,” jelas Syahrial didampingi Kabid Keswan dan Kesmavet dr Sovia Hariani.

Di kawasan TPA Air Dingin cukup banyak sapi yang berkeliaran di tempat pembuangan sampah tersebut. Sekitar 800 ekor sapi mengonsumsi sampah dan rawan terkena PMK.

Sementara itu, sejumlah peternak sapi di Padang menolak untuk memvaksin sapinya. Mereka menolak karena berbagai alasan. Salah satunya karena meragukan vaksin tersebut. Pihak Dinas Pertanian memberikan edukasi kepada peternak tentang pentingnya vaksinasi PMK.

“Peternak yang menolak karena pada umumnya sapi yang mereka gembalai merupakan milik orang lain. Mereka akan berkoordinasi dulu dengan pemilik sapi untuk kemudian nanti divaksin,” kata Kadis Pertanian. (KB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *