Sembilan Bulan Lebih Menunggu, Bantuan Korban Banjir Aek Napal di Baznas Pasbar Akirnya Terwujut

PASAMAN BARAT, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pasbar menyerahkan bantuan bedah rumah kepada 8 keluarga korban banjir di Jorong Air Napal Nagari Persiapan Batahan Barat, Kecamatan Ranah Batahan.

Pasalnya, bantuan bagi korban banjir Ranah Batahan pada Desember tahun 2021 lalu itu, baru diberikan setelah dilakukannya cross check ke lokasi banjir pada Kamis (1/9)

Bupati Pasaman Barat mengatakan Bantuan bedah rumah ini dilakukan setelah kami bersama jajaran melihat kondisi rumah masyarakat yang porak poranda akibat banjir yang cukup parah pada bulan Desember tahun lalu, sebutnya

Ia mengatakan banjir pada waktu itu menelan kerugian cukup banyak bagi masyarakat setempat, baik kerugian materil maupun moril, jembatan dan jalan juga rusak akibat banjir, jelasnya

Bupati menambahkan, bantuan bedah rumah yang diserahkan adalah berupa uang. Dimana uang tersebut nantinya akan dipergunakan untuk membeli bahan bangunan.

“Benar, hari ini kita serahkan bantuan bedah rumah kepada 8 keluarga korban yang terdampak banjir di Ranah Batahan. Sebenarnya bantuan ini sudah lama kita rencanakan, ternyata Allah baru izinkan kita bertemu pada hari ini,” ungkapnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada ASN Pasaman Barat dan orang yang memiliki rezki lebih untuk berzakat di Baznas. “Semoga Allah balas kebaikan dari yang berzakat,” ucapnya.

Sementara, Ketua Baznas Pasbar Muhajir Effendi menjelaskan jika salah satu program Baznas untuk rumah tidak layak huni adalah bedah rumah. Untuk kali ini, bantuan yang diserahkan adalah berupa uang kepada toko bangunan dan penerima bantuan bedah rumah tinggal mengambil bahan-bahan bangunan.

“Informasinya ada juga bantuan dari kecamatan, diharapkan itu bisa digunakan oleh mereka untuk upah tukang,” harapnya

Diketahui banjir yang melanda Kecamatan Ranah Batahan Sabtu 18 Desember 2021 lalu disebabkan meluapnya dua sungai di daerah itu yakni Sungai Sungai Batang Batahan dan Sungai Taming.

Dampak yang ditimbulkan sekitar 255 rumah warga terendam banjir dan delapan rumah ambruk dan rusak berat. (KB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *