100 UMKM Terdampak Gempa Pasbar Akan Menerima Bantuan Uang Tunai.

PASAMAN BARAT, Pemerintah bakal membantu 100 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah yang terdampak gempa di Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, bantuan tersebut merupakan uang sebesar Rp1.500.000 dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Kepala Koperindagkop Kabupaten Pasaman Barat Fahrein melalui Ketua Forum UMKM Pasaman Barat Ade Media Saputra, Sabtu (6/8) mengatakan bantuan uang tunai itu akan disalurkan sebanyak Rp 1.500.000 per UMKM pada tanggal 8 Agustus 2022 nanti. Bantuan itu dalam upaya membantu korban gempa bisa bangkit berusaha kembali.

Ia mengatakan dari 380 pelaku UMKM yang terdampak musibah gempa 25 Februari 2022 yang lalu saat ini akan memperoleh bantuan bagi 100 UMKM saja.

“100 UMKM itu merupakan UMKM yang memiliki usaha golongan menengah bawah atau usaha skala mikro,” sebutnya

Sedangkan untuk sisanya akan diusulkan memperolah program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Ia menyebutkan UMKM yang terdampak gempa itu merupakan pelaku usaha rumahan yang tempat usahanya hancur dan rusak akibat gempa pada 25 Februari 2022 lalu.

Dengan adanya bantuan uang tunai itu diharapkan bisa membantu pelaku usaha kecil kembali mengembangkan usahanya setelah dilanda gempa.

Bagi UMKM, katanya terpenting sekali saat ini adanya bantuan modal usaha untuk membeli bahan baku seperti mesin jahit, kebutuhan barang harian dan usaha tahu, gula aren dan lainnya.

Ia menjelaskan saat ini pelaku usaha UMKM di daerah pusat gempa sudah kembali menggeliat dan membuka usahanya.

“Bantuan modal sangat dibutuhkan mereka dalam upaya membangkitkan usaha mereka,” harapnya (KB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *