Sempat Tertunda Akibat Gempa, Lomba Cerdas Al-Quran Tingkat SD dan SMP Se Pasbar Kembali di Gelar

PASAMAN BARAT, Lomba Cerdas Al-Qur’an tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), kembali di gelar usai tertunda akibat gempa 25 Februari 2022 yang lalu di Aula Kantor Bupati setempat, Sabtu (10/9)

Pasalnya kegiatan keagamaan tersebut terselenggara atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Pendidikan setempat dengan Padang TV.

Bupati Pasbar Hamsuardi mengapresiasi kegiatan Cerdas Qur’an yang diselenggarakan Padang TV di daerahnya.

“Program cerdas Al-Qur’an tersebut sudah lama diimpikan. Sebagai pendukung program keagamaan lainnya seperti magrib mengaji, sholat berjamaah, Jumat berkah dan tahfizh Al-Qur’an,” ucap Bupati.

Dikatakannya, sebelum gempa 25 Februari 2022 Padang TV datang mengutarakan kegiatan ini. Dengan alasan syiar Islam, Bupati menyambut baik kegiatan tersebut.

“Program keagamaan merupakan target dirinya sebagai bupati. Kepada semua masyarakat Pasbar agar menjadikan Al-Qur’an ada di hati setiap orang. Al-Qur’an sebagai pedoman hidup harus selalu dibaca, dihafal, dan diamalkan,” pintanya.

“Mari jadikan Pasbar sebagai penghafal Alquran. Jika setiap orang membaca Al-Qur’an maka kehidupan akan tentram,” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasbar Agusli, mengucapkan terima kasih kepada bupati dan Wakil Bupati yang telah mendukung kegiatan Cerdas Qur’an di Pasbar.

“Kegiatan Cerdas Qur’an diikuti oleh 195 grup/tim yang berasal dari SD dan SMP. Setelah melalui beberapa babak penyisihan, ada enam tim yang lolos pada partai final”, sebutnya

Enam tim itu terdiri dari tim SD Negeri 07 Pasaman, tim pa SD IT Annajia 1, tim pi SD IT Annajia 2, Tim SD Negeri 19 Gunung Tuleh, tim SD Negeri 02 Sungai Aur dan Tim SD IT Alamku, sebutnya

Ia mengatakan di partai final enam tim tersebut bersaing begitu alot dan akhirnya melahirkan tim SD IT Annajia PA sebagai juara 1 dan Tim SD Annajia PI juara 2 dan SD Negeri Sungai Aur sebagai juara 3, katanya.

Ia menambahkan para tim pemenang  lomba berhak mendapatkan total hadiah uang sebesar Rp5 juta juga piala untuk juara 1, 2, dan 3, piagam penghargaan dari Padang tv dan bingkisan.

“Selain berhak atas hadiah, para tim terbaik juga akan mewakili Pasbar pada lomba cerdas Al qur’an tingkat Provinsi Sumbar yang dihelat pada bulan Februari 2023 mendatang”, pungkasnya (KB)

Editor: Chaniago

Lugas Dalam Pemberitaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *