Genjot Pembangunan,53 Paket Pekerjaan Pembangunan Di Pasbar Selesai Ditender

PASAMAN BARAT, Dalam rangka mengenjot pembangunan Bagian Unit Pengadaan Barang Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) telah melelang 53 paket pekerjaan dari 66 paket yang akan dilelang selama 2023 dalam Rencana Umum Pengadaan (RUP).

Kepala Bagian Unit Pengadaan Barang Jasa Sekretariat Daerah Pemkab Pasaman Barat Masri Imamora mengatakan Dari pagu Rp 95.147.968. 872 kegiatan fisik yang akan dilelang selama 2023 dan konsultan Rp1. 577.018.915 yang siap dilelang baru Rp 53. 922.185. 887 dan konsultan Rp1,3 berhasil di lelang berdasarkan tawaran

Ia mengatakan dari jumlah paket yang akan dilelang selama 2023 ini, baru 65 persen yang selesai dilelang

Menurutnya dari 59 dokumen lelang yang masuk ke Bagian Unit Pengadaan Barang Jasa baru 53 paket yang selesai dilelang. Sedangkan sisanya masih dalam proses lelang.

“Bagi dokumen yang belum diserahkan diharapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera menyerahkan dokumennya karena waktu pengerjaannya sudah mepet,” katanya.

Pihaknya sudah sering mengingatkan OPD agar segera menyerahkan berkas dokumen agar segera dilelang.

“Kemungkinan waktu pengerjaan disisa waktu tahun ini hanya tiga bulan jika dilelang saat ini,” katanya.

Ia menjelaskan dalam penentuan pemenang mereka menyesuaikan dengan nilai tawaran dan berdasarkan kelengkapan dokumen.

“Jika nilai tawaran melebihi 20 persen maka kita melakukan evaluasi kewajaran harga. Kita komit untuk itu,” tegasnya.

Dibandingkan tahun lalu, katanya, terjadi penurunan jumlah paket lelang pekerjaan terutama dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Jika tahun lalu DAK dulu ada Rp 30 miliar saat ini hanya Rp 20 miliar. Sedangkan anggaran dari APBD sebelumnya hanya Rp 60 miliar saat ini hanya Rp 40 miliar.

“Sedangkan untuk kegiatan penunjukan langsung di OPD, pihaknya hanya menyiapkan pejabat pengadaannya. Dengan kelompok kerja (pokja) hanya lima orang kami berusaha maksimal melakukan pengerjaannya,” katanya (KB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *