Ambruk Akibat Banjir Bandang Dan Lahar Dingin, Proses Belajar Mengajar SD Negeri 03 Koto Tuo Memperihatinkan

AGAM, KABAHARIAN.COM– Hujan lebat memicu banjir bandang dan lahar dingin di Sumatera Barat (Sumbar) pada Sabtu malam (11/5/2024), selain telah menewaskan puluhan orang. Bencana alam ini juga telah merusak sejumlah infrastruktur seperti jalan, jembatan dan bangunan pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Agam, Taslim melalui Kabid SD, Reza dihubungi, Jumat (17/5/2024), mengatakan, bencana banjir terjadi di Kabupaten Agam, telah mengakibatkan SD Negeri 03 Koto Tuo, Kecamatan, IV Koto mengalami rusak parah.

Kini, bantuan dari pemerintah pusat atau bantuan dana bencana untuk pembangunan SD Negeri 03 Koto Tuo, sangat dibutuhkan untuk pembangunan sekolah mengingat dana APBD Kabupaten Agam berpotensi tidak bisa membangun baru sekolah yang rusak tersebut.

Reza menyebutkan, sebanyak 182 siswa SD Negeri 03 Koto Tuo, untuk sementara waktu dalam kegiatan proses belajar dan mengajar menumpang di MDA Muhammadiyah yang berjarak kurang lebih 5 KM dari lokasi sekolah.

“Proses belajar dan mengajar menumpang di MDA Muhammadiyah itu, namun ruangan yang tersedia hanya 5 ruangan,” ucapnya.

“Sedangkan untuk penambahan direncanakan akan menumpang di MDA Pemerintahan Nagari dengan daya tampung 3 ruangan dan SMP Negeri 1 IV Koto yang berjarak kurang lebi 7 KM,” paparnya.

Ia mengatakan, kondisi terkini di SD Negeri 03 Koto Tuo ini, 6 ruangan kelas yang hanya tinggal lantai, 2 ruangan dinding 2 sisi jebol, 1 Ruangan bagian pondasi terban dan penuh dengan material longsor, dan 2 ruangan masih utuh, karena terpisah dari gedung utama.

“Semua mobiler dan peralatan kantor hanyut.
Jumlah seluruh rombel terdiri dari 11 rombel, 2 ruang kelas masih layak digunakan, sedangkan 7 ruang kelas harus direlokasi,” tuturnya.

Menurut dia, informasi kerusakan terjadi di SD Negeri 03 Koto Tuo ini, akan diinformasikan ke Kemdikbudrustek. (KB)

Editor: Iden Chaniago

Lugas Dalam Pemberitaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *