Risnawanto Serahkan Secara Simbolis Bantuan Baznas Kepada 779 Mustahil

PASAMAN BARAT, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pasbar salurkan Rp1,5 miliar lebih dana zakat kepada 799 mustahik yang tersebar di 11 kecamatan, dalam program Pasbar Cerdas, Pasbar Sehat, Pasbar Sejahtera dan Pasbar Peduli, pada Kamis (22/12) kemaren.

Penyaluran dana zakat kepada 799 mustahik penerima manfaat tersebut, terdiri dari 426 mustahik dalam program Pasbar Cerdas, 102 mustahik program Pasbar Sehat, 266 mustahik dalam Pasbar Sejahtera, dan 5 mustahik dalam program Pasbar Peduli. 

Dana zakat tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto, didampingi oleh Ketua DPRD Pasbar Erianto, Ketua Basnaz Pasbar Muhajir dan jajaran, serta perwakilan Kemenag Pasbar.

Wakil bupati Risnawanto menyampaikan, banyak program pemerintah yang telah dilaksakan pada tahun 2022 untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat di Pasaman Barat.

“Banyak program yang telah diprogramkan pada tahun 2022 ini. Semua program adalah untuk masyarakat Pasaman Barat, yang diharapkan menjadi berkah untuk kita semua. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat,” jelas Wabup Risnawanto.

Wabup Risnawanto menjelaskan, program ‘Pasbar Cerdas, Pasbar Sehat, Pasbar Sejahtera dan Pasbar Peduli’ bertujuan untuk membantu mengurangi beban masyarakat untuk meningkatkan pendidikannya, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta hadir untuk menyikapi kondisi di tengah-tengah masyarakat Pasbar.

“Masih banyak masyarakat Pasaman Barat yang berprestasi namun mengalami kekurangam biaya. Sementara SDM itu sangat penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, makanya diberikan beasiswa. Program Pasbar Sehat juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Dan program Pasbar Peduli, hadir dalam menyikapi kondisi masyarakat Pasbar untuk korban bencana alam, kebakaran serta rumah tidak layak huni,” jelasnya

Ia juga menjelaskan, dana zakat bersumber dari dana Non APBD Pasbar yang berasal dari zakat ASN. Sekitar 9,5 milyar dana zakat telah disalurkan pada tahun 2022.

Wabup Risnawanto menghimbau seluruh masyarakat Pasaman Barat untuk bekerjasama dalam menjalankan program pemerintah dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan meminta para mustahik penerima dana zakat untuk memanfaatkan bantuan sebaik-baiknya.

“Manfaatkanlah bantuan ini sebaik-baiknya, dan semoga dapat membantu meringankan beban para mustahik melalui ‘Pasbar Cerdas, Pasbar Sehat, Pasbar Sejahtera dan Pasbar Peduli’. Mudah-mudahan program ini akan tetap diprogramkan pada tahun selanjutnya,” pungkasnya (KB)

Editor: Chaniago

Lugas Dalam Pemberitaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *