Jaga Harkamtibmas Jelang Pemilu, Kapolres Pasbar Ajak Puluhan Wartawan Deklarasi Pemilu Damai

PASAMAN BARAT, Kapolres Pasaman Barat mengajak insan Pers untuk ikut dalam menjaga kondusifitas selama Pemilu 2024 dengan menggelar Deklarasi pemilu Damai diwilayah itu.

Deklarasi pemilu damai tersebut di hadiri oleh puluhan jurnalis media dan diselengarakan di aula Polres setempat, Kamis (23/11)

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki menyebutkan dengan adanya kolaborasi polres pasaman barat dengan Insan pers tentu akan menciptakan aura positif dalam menyambut pemilu yang damai di tahun 2024 mendatang.

Ia mengatakan tahapan pemilu sudah berjalan tentu akan ada polarisasi di dalam masyarakat, informasi Hoax dan menganggu harkamtikmas perlu kita jaga.

Ia mengatakan melalui cooling system akan mencegah upaya-upaya penyebaran Hoax, ujaran kebencian serta semua hal yang berpotensi memecah belah dan menganggu ,” katanya

Kapolres berharap media turut berperan serta dalam menciptakan colling system di masyarakat yang artinya bagaimana agar pemberitaan yang di tulis dapat membuat Kamtibmas menjadi Kondusif.

Ia menyebutkan peran media dalam menyampaikan informasi ke masyarakat akan lebih luas dampaknya di bandingkan kami petugas melakukan sosialisasi kemasyarakat.

Untuk itu ia berharap dengan adanya deklarasi pemilu damai tersebut kita bersama insan pers berkomitmen menjaga kondusifitas dan terhindar dari informasi Hoax yang berpotensi memecah belah dan menganggu harkamtibmas, sebutnya

Sementara itu, Junir Sikumbang, salah satu perwakilan yang membacakan deklarasi pemilu damai itu mengungkapkan tahapan pemilu 2024 telah berjalan sebagai sarana dalam sistem demokrasi. Pemilu merupakan momentum penting dalam perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara, melalui proses ini di kukuhkan komitmen untuk mengawal seluruh tahapan pemilu agar berjalan dengan aman dan damai.

“Penyelenggaraan pemilu bukan hal yang mudah, harus ada kolaborasi antara stake holder dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pemilu,” ujarnya

Pihaknya menyebutkan, media memiliki tanggung jawab besar dalam kesuksesan jalannya pemilu, media harus menyajikan informasi yang akurat dan seimbang kepada masyarakat. Oleh karena itu harus bersama-sama menekankan pentingnya profesionalisme dan integritas dalam penyampaian informasi sehingga situasi kamtibmas dapat dikendalikan dengan baik.

Ada pun deklarasi Jurnalis Media yang tergabung dalam mitra Humas Polres Pasaman Barat, yaitu:

Demi terlaksananya pemilu yang berintegritas dan berkualitas untuk mewujudkan demokrasi yang baik. Kami insan pers pasaman barat siap bersinergi bersama TNI dan Polri demi mendukung pemilu damai 2024.

“Kita terus bersinergi menjalin hubungan yang baik Media sebagai mitra utama Humas Polres dalam menjaga kondusifitas wilayah Pasaman Barat dengan Informasi yang Obyektif dan Aktual maupun informatif kepada masyarakat,” kata junir

Pihaknya sangat mengapresiasi dengan kerjasama dan komunikasi yang selama ini terjalin dengan baik antara Polres Pasaman Barat dengan Media sehingga dapat menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif, pungkasnya (Iden)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *