Nurkhalis Petani Menang, Resmi Mendaftar Ke KPU Sumbar Sebagai Calon DPD RI

PADANG, Kordinator Wilayah Gerakan Pemuda Tani (Gempita) Provinsi Sumatera Barat Nurkhalis, SH resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Republik Indonesia (DPD RI) di Pemilu 2024 mendatang.

Nurkhalis “Petani Menang” itu langsung mengantarakan syarat dukungan KTP yang telah dikumpulkan para relawan ke KPU Sumbar pada, Kamis (29/12).

“Benar, kami mengumpulkan 4.379 surat dukungan yang tersebar di 19 kota dan kabupaten di Sumbar,” ujar pria yang bercirikas capin lokoh tersebut. 

Nurkhalis menyebut syarat dukungan KTP itu telah diunggah ke aplikasi Silon KPU. Dia juga mengantarkan blanko surat dukungan tersebut ke KPU Sumbar bersama puluhan relawan “Petani Menang”.

“Insa’ Allah dari 4.379 surat dukungan yang kami antarkan dinyatakan lengkap dan diterima sebagai bakal calon DPD RI oleh KPU Sumbar,” sampainya

Syarat dukungan tersebut nantinya akan diverifikasi oleh KPU Sumbar. “Kami optimistis mendapat syarat minimal dukungan memenuhi syarat untuk ikut dalam pemilihan umum memdatang,” ulasnya

Terpisah Komisioner KPU Sumbar Gebril Daulay kepada wartawan menyebut saat pendaftaran, bakal calon DPD RI mengantarkan dua dokumen berupa surat penyerahan dukungan dan surat pernyataan.

“Sekarang ini serba digital dan memudahkan peserta dalam memasukkan data dukungan. Kalau dulu bukti fisik harus dibawa ke KPU dan sekarang sudah melalui aplikasi dan juga dapat ditemukan data ganda,” jelasnya.

Di Sumbar, syarat minimal yang harus dimiliki bakal calon anggota DPD RI adalah 2.000 surat dukungan yang tersebar dari minimal 10 kota dan kabupaten, ulasnya 

KPU Sumbar telah merilis jadwal penyerahan syarat dukungan untuk anggota DPD RI mulai dari 16 Desember hingga 29 Desember 2022. 

Pendaftaran ini dibuka setiap hari mulai pulul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB dan khusus untuk hari terakhir pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 hingga 00.00 WIB.

Di ketahui sampai hari ini jam 14.25 WIB sudah ada 7 orang bakal calon yang mengantarkan berkas dukungan ke KPU Provinsi Sumatera Barat salah satunya Nurkhalis, SH. (KB)

Editor: Chaniago

Lugas Dalam Pemberitaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *